Wednesday, March 7, 2012

LIFE LESSON FROM THE PAST - Part 3

Saat pulang ke cirebon dari jakarta dengan moda kereta pada hari jumat adalah saat dimana pertempuran memperebutkan tiket dengan strategi dimulai, penuh dengan intrik.. hehehe..
kereta terakhir adalah pukul 17.15 untuk argo jati dan 19.30 untuk cirebon ekspress dan saat tiba distasiun pukul 13.00 maka lu akan temuin garis antrian memanjang kayak ular.. berliku dan tak terputus seperti saat dirimu jatuh cinta pada cinta sejati mu.. #eeaaaa
eittss..
tapi jangan terkecoh, itu hanya tipuan.. hampir semua antrian panjang itu memang untuk 2 kereta api itu, tapi jikalau dikau jeli bertanya, maka 10 - 20 baris terdepan menunggukan dibukanya penjualan tiket cirebon ekspress which is untuk jam 17.30.. dan mereka menyisihkan sedikit space disebelah kiri mereka untuk yang hendak membeli tiket argo jati yang penjualan tiktnya lebih dulu 15 menit. tapi karena mereka sudah antri panjang maka tipikal orang indonesia yang males bertanya akan ikut2an antri dan cuek menunggu lama. *atau emang hobi antri ya, hehehe*

Nah, strategi gw yang ini *setelah melalui penelitian panjang + 3 tahun tinggal di jakarta* kemarin seperti biasa berhasil gw lakukan dan dengan diikuti pandangan antara bengong, kesel, dan ngerasa tolol dari orang2 yang merasa da antri "jauh" lebih lama dari gw, gw kibas2in tiket, hehehe.. dan mereka pun berduyun2 pindah kesebelah kiri yang emang tertutup tiang klo orang antri da panjang..

Life lesson dari sini adalah JANGAN SOK CUEK AMA LINGKUNGAN, TANYA WOII.. TANYA!!

Beralih ke perjalanan, gw akhirnya berangkat juga pukul 17.30, telat 15 menit dari waktu yang dijadwalkan *tipikal indonesia juga, secara kereta mah kudunya gak kena macet yak?* dan kebetulan duduk didepan gw 2 orang bule, cewek cowok, n klo liat dari idungnya sih sepertinya dari eropa tengah dan kebetulan saat mereka mo duduk mereka minta bantuin kursinya diputer ngadep gw karena disebelah gw ada temennya *yang baru dikenal juga saat tragedi antrian tadi* dan secara gw tuan rumah turis yang baik, gw bantulah mereka.

O iya, nama mereka gunthoer dan silvia, ada yang lucu saat kenalan terutama ama gunthoer..
gw : pardon me, i'm andi, what's ur name?
silvia : hello andi, i'm silvia, nice to meet u
gw : hello silvia, n u?
gunthoer : gunthoer
gw : guntur
gunthoer : ..... wow, u r the first person who spell my name correctly
gw : .... *nama lu pasaran kali disini, haishh..* #dalem hati

selama perjalanan pun terjadi chit chat hangat antara kami, mereka ternyata berasal dari jerman *tepat dugaan gw* salah satu kota kecil *kampung menurut mereka* antara munich and stuttgart, mereka ga ngasih tau namanya karena pas doi nanya gw tau apa tentang jerman gw jawab "bayern munchen n stuttgart" *jawaban penggemar bola banget* dan doi bilang ok, kebetulan desa kita diantara kedua kota tersebut. *sungguh percakapan yang sangat brilian*

dari mereka curiousity dulu tentang kenapa jarang kedengaran backpacker indonesia terjawab.
di negara eropa, terutama jerman, libur antar semester mereka panjang banget chuy, 2 bulan, ya eyalah mereka sempet ngebackpacking ria, lha kita? paling 2 minggu, baru nyampe surabaya juga da kudu balik lagi mo masuk sekolah, halah.. hehehe..
itu salah satunya, kalo yang lainnya sih gw dah tau.. mereka bisa kerja part time dengan gaji lumayan, kita mah kudu full, ga ada perusahaan yang mo nampung part time job. mereka juga ga MALU, part time jadi penjaga toko, penjaga supermart, waitress.. dikita, jangan kan itu, ketauan kuliah sembari kerja pun anak2 jaman sekarang keknya malu banget.. padahal mah kudunya bangga.. *tepok jidat*

EGO KITE KETINGGIAN BRO..

gw juga sempet adu pendapat ama silvi tentang cara belajar, dimereka saat umur 8 taon, anak udah disuruh milih die mo ke jurusan mana, trus jalur formal *klo kite mah s3 trus kuliah* atau mo sport, art, etc..
silvi mikirnye umur 8 taon masih terlalu muda untuk menentukan tujuan, gw sih sebenernya sependapat ama doi, tapi keknya lebih bagus deh dari pada di kite anak bahkan sampe tamat sma pun masih kudu di strir ama keluarga harus milih jurusan apa, giliran gagal, tetep aja anak yang disalahkan kenapa ga bisa n gagal..
HALLLLLOOO.. kalo bakatnya seni mah mane masuk kali di science.. heheheh..*curhat colongan*

yup, another life lesson yang gw dapet dari perjalanan.

satu lagi yang gw suka dari para bule.. ga cuma turis karena gw justru kagum ama para kaum pekerja expatriate-nya dan ini sering banget gw share ke teman2 sekerja gw..
klo soal ilmu, mungkin mereka ama kita ga kalah lah.. bahkan mungkin kita lebih jago secara ini negara kita dan kita tau seluk beluk kondisi alam n masyarakat kita.. tapi mereka menang di..
BERANI BICARA DAN MEMPERTANGGUNG JAWABKAN PERKATAANNYA TERSEBUT..
jadi mari kita semua bicara..

jadi klo mo beli tiket mungin kita ga perlu antri lagi..
klo diperjalanan mungkin kita ga kesepian karena ada teman ngobrol..
klo mo kuliah mungkin akan sesuai dengan bakat n kemauan kita..
N klo mo kerja mungkin akan dapat jabatan yang lebih tinggi secara mana ada boss yang ga bisa ngomong..
so..

LET'S SPEAK UP

-end-

No comments: