Sunday, January 8, 2012

MANDAH edisi BUNYU

Hahay.. Akhirnya besok adalah hari terakhir gw kerja setelah dari tanggal 20 Desember 2011 gw tugas di sebuah pulau di kawasan Borneo, tepatnya..
PULAU BUNYU
Petanye
Pulau yang lumayan gede, tapi dihuni cuma disekitar pesisir aje. rata-rata penduduknya klo gak kerja di 
pertambangan batu bara
kerja di pemboran minyak dan gas bumi
 atau klo ga dari ke 2 itu maka mereka melaut atau menjadi nelayan.
Yang ini bukan nelayan, cuma sedikit narsis aje.. SEDIKIT.. CATET..

Yang paling enak dari mandah adalah :
  1. hari keberangkatan karena terbayang akan uang yang akan didapet, pengalaman2 yang bakal kita temui diperjalanan serta ketemu dengan teman2 lama kembali.
  2. Hari kepulangan karena bakal ketemu dengan keluarga lagi, dapet uangnya, serta bis TIDUUUURR SEPUASNYA, wkwkwkwkk..
Dipulau ini banyak spot bagus buat pecinta panorama dan photografi tapi sayang ga sempet gw singgahi karena terbatasnya waktu gw keluar dari lokasi pekerjaan gw. Kotanya kecil sih..
Kota Bunyu
karena hanya dihuni 1/4 pulaunya aja ga nyampe. Penghuninya juga dari bermacam2 suku, kebanyakan sih Banjar, Bugis dan Jawa yang berasimilasi dengan Suku Tidung asli Pulau Bunyu.
Disini pada tanggal 28 ampe tanggal 2 jangan coba2 ke ATM buat ngambil duit klo ga kuat pegel karena ATM cuma atu dan tanggal segitu hari gajiannya orang2 pulau ini sehingga pada numplek plek jadi satu di spot ini..
Atu2nye ATM

gw sempet kepikiran apa gw sempetin jualan pempek aje di sini pada tanggal2 segitu ya? lumayan buat tambahan modal pulang, wkwkwkkk..
Nah, ngomong2 makan nih, gw salut ama satu tempat ini..
CM - Coto Makasar
Marketingnye keren abis.. mereka cuma buka paling gak laku ga lakunya ampe jam 11 siang doang n selalu SOLD OUT. Karena CMnya emang enak, banyak yang pada makan disitu dan mereka buat cuma sedikit doang sehingga beli disini gw serasa mesen mobil indent, klo ga cepet pasti keabisan n kudu pesen BESOK HARINYA LAGI, wkwkwkwkk..
Untuk makanan lainnya sih standar makanan yang ada di Jawa juga dan di dominasi oleh ikan2an. ada Ikan bakar, pecel lele/bebek/ayam, nasi goreng MAWUK (gw baru tau klo nasi goreng dicampur mie enak juga bro..), dll.

Disini gw salut ama penduduknya bro, gw masih ga abis pikir ada juga perantauan yang mau tinggal dikota kecil di sebuah pulau terpencil yang klo lu mau keluar pulau cuma bisa lu lewati dengan speed boat selama 1 jam perjalanan dengan biaya Rp. 70.000,- sekali jalan. Jadi klo lu lagi ga punya duit lu ga bakal bisa pergi dan cuma bisa melongo dipulau doang, kecuali lu keturunan ikan cucut n mo capek berenang, sight.. SALUT..
n salah satunye adalah temen gw ini..
Namenye DONI
Pekerjaannye adalah kernet Speed Boat yang kadang bantu2 nyupirin boat juga, jadi lu jangan tanya gajinye ye.. Doi kerja sehari2nya dilaut, bahkan nyentuh daratan paling malem doang, tapi aslinye nih anak dari GARUT.. yoi bro, anak gunung, gak kebayang ye anak gunung bisa kerja untuk hidup dari laut, wkwkwkwkk.. tapi itulah lucunya kehidupan.. *gw kembali bijak*
Doi kemaren minta ijin pulang mudik ke Garut seminggu n lu tau da berapa lama doi disini yang diusianye yang paling ga nyampe 23 taon.. 2 tahun bro.. doi baru mampu sekarang setelah ngumpulin duit buat pulang n buat balik lagi ke Pulau ini.. gimana ga lama ngumpulinnye klo buat pulang ke kampungnya lu kudu ngumpulin duit buat 2 kali naek pesawat n tambahan biaya buat naek bus lagi.. belum ongkos baliknye, sight..
Itu yang bikin gw salut ama doi, gw kira gw udah KEREN karena da berani merantau n pulang minimal setaon sekali, ternyata ada yang lebih KEREN dari gw.. ada yang lebih BERANI dari gw.. ada yang lebih patut buat di PUJI.. which are orang2 kayak DONI.. orang2 yang punya keBERANIan menghadapi keras dan gilanya hidup.. orang yang ga cuma meRENGEK ama ortunya minta beliin BB jenis terbaru.. orang yang ga cuma NUMPANG ama ortunya sampe kita dewasa.. orang2 yang GA KAYAK GW.. 
Oke.. oleh2 MANDAH gw kali ini adalah tambahan buat RESOLUSI TAON 2012..

CHANGE FOR BRIGHTER FUTURE
AMMIINNN..

-end-

3 comments:

kei said...

kalo mandah ke sini lagi boleh nebeng gak bro? :D mantap bener nih tempatnya... kebayang petualangannya... kalo mo ke sini edisi irit kira-kira gmn rute dan kisaran biayanya bro?

NdOB said...

wah.. agak ribet bro.. lu ke tanjung priok trus jangan lupa bawa kompas n bernang eh, wkwkwkwkkk..

Iswandana said...

wahhhhh....ada yang kurang sob, kenape foto gw kaga lu tampilin...kan jadi kurng sreg gw bacanye...