Saturday, January 14, 2012

MIMPI YANG TERTUNDA feat. beberapa tips

Gw tulis ini artikel ini saat jam di computer nunjukin waktu  01:35 AM di Wisma Gandapura Jl. RE. Martadinata, Bandung, dengan si Bubun yang telah terlelap menemani sambil mengekep selimutnya, hehehe..

Pukul 09.30 PM tadi gw nyampe juga di kota kembang ini setelah dari jam 3 sore gw jalan dari Cirebon. Sebenarnya gw ga ngerencanain jalan kesini, karena jujur gw paling males jalan bawa kendaraan sendiri terkait penyakit ngantuk gw yang akut. Bawaannya klo da nyentuh jok mo tidur aje, xixixixi.. tapi berhubung si Bubun dari bulan kemaren minta2 ke Bandung karena pengen lumpia basah n di Cirebon kagak ada jualannya, ditambah lagi si Ketut yang lebih pengen dikenal sebagai KEI, CATET, KEI, HAH.. yang rencananya gw mo titipin untuk bawa dari Bandung ga jadi dateng ke Cirebon, n gw ga mo anak gw ntar ngeces gara2 KEI, CATET, KEI, akhirnya gw mengalah dan Alhamdulillah nyampe juga dengan selamat. Sekalian aje besok mo jalan2 ke lembang dan sekitarnya dan berhubung dengan hal tersebut maka makhluk bernama KEI, CATET, KEI, kudu bertanggung jawab IKUT.. HUEHEHEEEEHHEEE.. *ketawa serem*

Begitu nyampe tadi gw langsung telpon si KEI, pertama karena emang doi kudu tanggung jawab, kedua nanyain hotel yg available secara sekarang weekend n u know bandung on weekend, yang ketiga yang ga ikhlas gw akuin ehm.. kangen.. ehm.. doi.. ehm.. uhuukk.. secara da lama ga ketemu ama salah satu partner in crime gw ini.. klo ga salah 2 or 3 taon lalu terakhir ketemu di prabumulih saat lebaran.

Setengah sebelas setelah ijin ama bubun kita pegi bedua ke café deket hotel buat ngobrol2 sekalian ngupi.. café-nya keren sih, Karnivor, berbau2 jungle gitu deh, tapi berhubung ini weekend, ditambah gerimis hujan dan lampu temaramnya yang mengundang, so pasti didalemnye banyak yang lagi ngedet, jadilah kita bedua “kayak” pasangan homo yang lagi pacaran, sight.. *helah nafas* salah tempat, salah waktu, salah pasangan, kombinasi yang perfect.. *gw pun ngrasa hina sekali*


Dari obrolan north-south (baca : ngalor ngidul) kayaknya tema obrolan malem ini tentang backpacking n sharing pengalaman tentang beberapa kota. Kei emang lagi tergila2 akan backpacking wlopun agak2 “late bloom” sih, wkwkwkwkwkk.. tapi ga pa2 juga secara emang ga ada kata terlambat buat learning mumpung doi masih jomblo.. CATET.. JOMBLO.. *gw kudu keras ama nih anak terkait statusnya*


Kayak gw ceritain di artikel MANDAH, gw beruntung banget sering traveling n dibayarin orang plus dikasih gaji lagi, xixixii.. n sebenarnya klo mo dirunut, traveling or BACKPACKING versi hematnye, dulunya adalah salah satu obsesi gw.. gw pengen banget dari SMA untuk jadi backpacker n ini semua adalah gara2 ADE, temen SMA gw, yang mencekoki gw dengan buku2 Gola Gong, Balada si Roy tepatnye.. dan gw pun jadi terobsesi abis untuk tahu indahnya Indonesia.. sayang obsesi itu terpaksa harus dikubur karena gw kudu memprioritaskan keluarga,secara  gw terlahir “a puppet eye”, hiks.. dan gw ga bisa ninggalin keluarga gw begitu aje karena I’m the only hope of our family in case something happen n gw pun harus kubur obsesi gw itu.. padahal planning sudah dilakuin termasuk perkiraan biaya dan waktu yang dibutuhkan untuk sampe ke Lombok bareng senior gw di Teknik Sipil, Kholik or biasa kita panggil Boy.. tapi balik lagi tuhan selalu memberi kita berlebih klo kita mo sabar, saat one dream gone, He shows a better way.. Praise for You Always ya Rabb.. sekarang gw jalanin impian gw akan travelling dengan cara yang lebih elegan dan keren.. Gw travelling, dana dibayarin, di kasih upah pula.. Alhamdulillah..


Ngomong2 soal travelling, gw udah coba berbagai macam moda transportasi, dari ojek menyusuri hutan jati klantung di wleri, semarang, jawa tengah, Angdes mendaki puncak Kamojang, di Bandung, Jawa Barat, Pick up terbuka menembus badai debu Sopa, di pendopo, Sumatera Selatan, Boat berjejal  sarden membelah laut Bunyu, di Tarakan, Kalimantan Timur, Kereta api ekonomi menuju Cepu, Jawa Tengah, pesawat dan bus apalagi.. dari semua moda tersebut baik yang kelas ekonomi maupun eksekutif gw lebih ngerasa  nyaman naik kereta karena gw bebas mo ngapa2in sehingga ga cepet bosan dan cepat lelah. Asyik aja setelah capek tidur, jalan2 ke restorasi, minum kopi sambil ngecentilin mbak2nya.. (itu dulu ya bun, sekarang seringnya sih dicentilin) *nasib punya suami ganteng* tapi sayang kereta sekarang pelayanannya semakin kurang, padahal banyak orang lebih prefer gunain kereta daripada kendaraan pribadi, bus or pesawat.. trust me.. seandainya kereta kita kayak di luar negeri, sight.. *khayalan gw pun semakin jauh*


Tips for Backpacking using economic train :
Setiap stasiun kota lumayan gede seperti kerawang, Cirebon, bandung, bekasi, tegal, dll, mereka punya jatah satu gerbong  sekitar 8 tempat duduk or lebih n bila lu dapet tiket tanpa tempet duduk, jangan lupa untuk nyamperin petugas kereta apinya n beli “kursi” ama mereka, murah koq, paling 5000 rupiah klo dulu. Tapi ini ga berlaku di sumatera kayaknya, apalagi kalimantan, hehehe..


Klo moda yang seru buat dinikmati, gw lebih asyik saat naek bus ekonomi dari pulo gadung ke arah jawa atau sebaliknya. Lu bisa mendengar biduanita jalanan dengan kaset karoke gendongnya, bermacam makanan aneh2 n murah meriah, ngerokok sepuasnya, n bahkan bisa satu tempat duduk ama kambing klo gi sial, wkwkwwkkk.. seru abis deh pokoknya.


Nah, klo moda yang bikin gw bisa duduk nyante abis, itu adalah pesawat n speed boat. Bukan karena nyamannya, tapi lebih ke arah “PASRAH”, gw sampe sekarang belum bisa terbang dan klo pun berenang gw Cuma bisa gaya DADA.. alias setelah kecemplung gw akan sesegera mungkin melambaikan tangan dan mengucapkan “DADA” ke dunia yang fana ini.. hiks.. 


Tips for Backpacking using economic bus :
Cari kursi duduk paling depan karena disana pasti pedagang keliling nyetor pajak makanan ama sopir terlebh dahulu so makanan yang datang akan lebih yakin belum di emek2 ama tangan orang2, kecuali emang da di emek2 orang di bus sebelumnya, wkwkwwkkk.. atau duduk lah di paling belakang dekat pintu, karena disana para biduanita jalanan akan ngegosip ama kondektur, lumayan bisa diajak kenalan n belajar tentang perjalanan hidup mereka.. or klo lagi beruntung mungkin JOMBLO NGENES kayak KEI bisa ketemu jodoh, wkwkwkwkwkkk.. *ketawa sadis*


Klo ngomong soal moda yang bikin kita bisa lebih menikmati pemandangan maka gw akan bilang pilihlah ojek atau becak, did u know every becak in every city or village have their unique style n Shape? Coba perhatiin deh n u’ll be surprise when u knows the philosophy of it. ojek paling enak karena bahkan di Jakarta yang super macet pun kita bisa sempet menikmati pemandangan kampung2 kecilnya yang nyempil saat nyari jalan tikus menuju tujuan kita dan klo becak lu pasti tau kenapa.


Tips for Backpacking using Ojeks or Becaks :
Try to use their language bro, n lu pasti dapet potongan sampe 50% dari harga turis or pendatang, bahkan ojek di cirebon saat gw pulang dari kereta n mo ke rumah pun melakukan hal yang sama.


Gw : ke komplek A berapa mas?                               Gw : ke komplek A pira ang?
Ojeker : 20rb mas                                                      Ojeker : 10ewu ang


See the differences? Sight.. 


Oke berhubung da mo pagi n gw kudu nyetir besok, gw bo2 heula.. doakeun isukan urang jeung family selamet diperjalanan, ammiinnnn.. 


Hoaaaammmm.. zzz.. zzz.. zzz.. grroookkk…..


-end-

No comments: