Saturday, December 17, 2011

PRABUMULIHNESE


Nyambung yang kemaren, asli gw sebenarnya bukan prabumulih, Bokap asalnya dari Tanjung Batu, Ogan Ilir, Nyokap dari Tanjung Pinang, Lahat, Gw lahir di Pagaralam, lahat, umur 4 – 7 tahun tinggal di Way Petay, Lampung, umur 8 – 10 tahun balik ke Tanjung Pinang, Lahat, nah sejak umur 10 tahun gw hidup di Prabumulih, jadi karena lebih dari 2/3 hidup gw tinggal di Prabumulih, so i proudly announce that 

I’M PRABUMULIHNESSE, wkwkwkwkkkk..

So today i want to memorize all the the beautifull side of Prabumulih, so my son will be proud too that his father came from Prabumulih city.

Let’s begin..

Prabumulih adalah nama suatu kota yang berjarak ± 80 km dari Palembang atau 2 jam perjalanan memakai mobil, (kalau ga rame mobil batu bara yang bikin rusak jalan, sehingga perjalanan menjadi 3 – 5 jam, hiks.. miss my old city without batubara truck)

Dulu kota ini sering disebut kota NANAS, karena nanas dari kota gw ini manis banget n disukai banyak orang
Tapi karena kemasannya kurang menarik, coba lu bayangin lu naek pesawat terus bawa oleh2 2 ikat nanas Prabumulih, gw yakin lu bakal jadi artis, alias diliatin ama orang2 se bandara, wkwkwkkk.. sepertinya nanas mulai hilang dari peredaran. *pasang musik sentimentil*

Sekarang ni kota sepertinya berubah menjadi kota RUKO, karena dari pangkal sampe ujung kota semua rumah pinggir jalan berubah jadi Ruko, *sedih tingkat dewa*, dan traffic pun berubah jadi seperti ini..
But anyway, this is still my beloved city and i have so many sweet places there..

SMP Negeri 1 Prabumulih
Ni tempet pertama yang ngajarin gw mengenal istilah “mengejar wanita”, n klo lu tanya itu istilah? Gw jawab BUKAN, itu dalam artian sesungguhnya.. wkwkwkkkk..

Dulu idola kawula muda di SMP 1 lumayan banyak, tapi berhubung gw n temen2 gw orangnya males jalan muter2, gw ama temen gw, OP (which is now an high level army staff, ;)), ngecengin satu cewek cantik aja yang satu jalur ama kita pulangnya. 

Nama panggilan cewek idola itu adalah AY**G, tapi gw lebih suka manggilnya christina, karena menurut gw (yang sempet ditanyain ama cewek tersebut juga ke gw saat kita SMA, kenapa ga mo panggil nama itu) nama panggilan tersebut hanya akan gw sematkan ke orang yang bakal jadi istri gw nanti, dan anehnya dari semua cewek gw dulu *sok pleiboi* emang Cuma istri gw beruntung bergelar nama tersebut, karena yang lain ga pernah gw panggil pake sebutan itu, hehehe..
Nah, kebetulan yang crush banget ama ni cewek ya temen gw tadi, dan berhubung gw temen yang baek, gw selalu nemenin si OP, nemenin ni cewek pulang, wlopun selalu ditolak kita tetep fight.. *bener2 laki2 sejati*, n u know akhirnya si Ay**g akhirnya luluh juga ditemenin pulang setelah setiap pulang sekolah kita selalu ikutin dia sampe kalo doi lari pun tetep kita kejer.. * sungguh perjuangan yang berharga* buat si Ay**g, sebenernye gw sempet mo nanya, doi nyerah liat kesungguhan kita (temen gw tepatnya) atau udah capek lari n dikejer mulu, emang antara ACCEPTANCE dan SURRENDER beda2 tipis..

SMU Negeri 1 Prabumulih
Nah, yang ini nih tempet yang bentuk karakter gw kayak sekarang ini, what u call it.. COOL, wkwkwkk..
Ntar gw ceritain banyak lagi tentang masa gw SMA, yang ini pengenalan aje, ni SMA yang ngajari gw suka akan olahraga, tepatnya Basket, bukan karena prestasi or prestisenya tapi lebih karena karakter orang2 tim basketnye (yang angkatan gw ya, 97, wkwkwkkk..)

Ada Ii (sekarang jadi TKI bergaji sangat tinggi, wkwkwkkk..), ada Juli (makhluk lincah yang sekarang pun masih lincah wlo kerjanya jauh dari keluarga), ada Fiki (seorang petualang yang jarang marah tapi klo da marah besi juga bisa digigit ama doi, sekarang menyepi di tempat impiannya di kaki sebuah gunung), ada wawan (seorang pejuang cinta yang tangguh), ada  hendri (temen gw maen di cirebon secara sekarang kita bedua di Cirebon n still do basket), dan banyak lagi yang laennye..

N like i said before, i became like this game n role the important part of the game.. klo yang laen Cuma jadi player, gw jadi suporter n penyemangater, sungguh suatu posisi yang membanggakan *pasang kacamata*
N sekolah ini juga banyak ngajari gw banyak hal, n i said learn not because of the lesson of the teacher (walopun itu juga salah satunya) but i learn from the people in it..

ALL OF MY FRIENDS

Ntar gw share tentang mereka dan apa aja ilmunya.




 

BIOSKOP

Berhubung gw hobi nonton,  tempet kenangan gw selanjutnya adalah BIOSKOP yang ironisnya telah dibunuh oleh maraknya beredar VCD bajakan, hiks..
Ada 4 bioskop di prabumulih yang paling elit adalah
BIOSKOP Presiden, dulu HTMnya adalah Rp. 2500,- Sungguh MAHAL sekali..

gw Cuma bisa nonton 4 bulan sekali itupun klo gw bisa nabung n duitnya ga abis karena maen dingdong, wkwkwkwkkk..

Yang kedua adalah Bioskop King, yang menayangkan turunan film dari bioskop presiden.
 
Yang ketiga adalah Bioskop nasional, spesialis India dan yang ga pernah gw sentuh, karena klo ketauan bisa dicengin ama orang satu sekolah, wlopun gw amat mengidolakan Sanjay Duth.. *maaf om sanjay*
  
Dan yang terakhir adalah Bioskop PALAPA, spesialis film lawas dan film2 Indonesia jaman dulu tipikal “GAIRAH-X, PERGAULAN TERLARANG, DLL”  dengan HTM paling murah Rp. 500,- yang mengakibatkan Bioskop ini menjadi Bioskop Favorit gw, wkwkwwkkkk.. dan sekarang percaya atau gak dan alhamdulillah menjadi :
HORRREEEE!!!

TUGU

Ada beberapa tugu khas di prabumulih
Tugu BESAK (Tugu Serangan Balas)
Ada di makam pahlawan sebelum makam dipindahkan ke tempat yang lebih luas lagi. Awalnya gw ga suka tugu ini karena terkesan pengecut, tapi setelah dewas n dipikir2 lagi yaelah nyerang dari belakang, klo dari depan mah mo bunuh diri ape ngadepin belanda yang pake bedil? Sight.. o iya, ini dari kisah nyata lho, simbol saat terjadinya  pertempuran 5 hari 5 malam yang terjadi di Palembang dengan kumpeni, yang rakyat prabumulih ikut serta juga didalamnya.

Tugu KECIK
 
Yang ini gw ga tau asal pembuatannya, mungkin sama kayak tugu besak, tapi ini versi kecilnya, wkwkwkkk.. sekarang ni tempat klo malem jadi tempat wisata kuliner prabumulih karena banyak yang dagang, wlopun yang dijual ya pecel lele lamongan juga, wkwkwkkkk..

Tugu Pompa Angguk
yang ini sebenarnya bukan tugu, mungkin lebih tepat klo disebut monumen, letaknya di depan perkantoran pertamina n ini juga jadi tugu pribadi buat gw karena tempat pertama gw nyari duit.

Tugu Nanas
klo yang ini tugu paling baru yang dibuat mungkin sekitar taon 2000an, dan alhamdulillah yah.. setelah berpuluh2 tahun prabumulih terkenal dengan kota nanas, akhirnya tahun 2000an baru ada tugu berbentuk nanas sebagai lambang kota, sesuatu..
 
STASIUN
Nah ini adalah tempat favorit gw selanjutnya.. klo malam, saat lapar melanda, saat tak dapat memejamkan mata, telpon sahabatmu, ajak berkuliner ria di stasiun, rekomendasi gw adalah nasi gemuk dengan lauk terserah anda, tinggal comot, dan bandrek anget.. beeuuuhh.. jadi pengen balik dah gw..




-END-

10 comments:

kei said...

nice story bro! :) ...and wonderful pic!!! ini foto-foto sendiri atau ngutip?... anyhow, it brought tons of memories! :)

ryan said...

Keep writing..Anda berbakat..

Ade Andriyani said...

Wow, kereeeen! ^_^
Isi terus cerita2nya, pak... walo pun narsis abis, tapi lumayan lah qeqeqe

NdOB said...

@kei : thank sob, nice to see u again even it only on virtual world, miss our real chit chat though, lol.. n pic u ask, gw ngutip, wkwkwkwkkk.. secara gw jarang balik sob.. n hari ini gi galau kangen rumah..
@ryan : men nulis sih emang bebakat es, jangankan ini, back date data laporan 3 taun dalam seminggu bae pacak kito, wkwkwkwkkk.. caro anak didik bu susi
@ade : thanks sist, actually there's many story about u that i want to share if u don't mind, secara lu adalah salah satu guru gw wlo lu gak sadar, ;)

marina said...

Emang nanasnya gak menjual utk dijadikan oleh2 tapi tetep tanteku bw jg ke jakarta walopun maksa pake dikardusin sendiri n... gw sendiri blom nemu nanas yg seenak nanas prabumulih :)
Bioskop Palapa emang murah tapi gak selalu mengeluarkan film2 yang XXX gt.. sebab daku jg pernah nonton film silat mandarin (yg diaktorin oleh andy lau & friends) di situ... :)
Di tunggu terus nih cerita2nya Bro!

Anonymous said...

Wow...bagusnyo bro..tentang aq agak di edit la... Itulah kita n masa2 itu... Thanks Pal

Lazuardi said...

ngakak dewekk bos baco nyoo,, informasi yang berguna

so im proundly a Prabmuulihnese

Anonymous said...

om, saya sekarang pelajar di smpn 1 loh. dan juga saya kenal sama tante ay**ng, itu mamanya sahabat dekat saya wkwk:D

aob said...

sssttt.. jangan bilang2 ama mama temen mu tentang cerita ini ya. bilang salam dari om kece aje

Unknown said...

salam kangen kampung yang ada di belakang bioskop palapa tanah kelahiran ku😥😥😥