Thursday, May 24, 2012

LIFE LESSON FROM THE PAST - Part 5

Beberapa minggu ini gw lagi getol2nya nyedot komik DC dan Marvel dari situs IDWS and it's all because "kegilaan" gw akan tokoh superhero di komik. Mo dia hero luar kayak superman, batman, spiderman, wolverine, tintin, asterix obelix, chinmi, ryu, ken, etc, ataupun hero lokal kayak :
gundala, godam, kapten mlaar, maza, labah2 merah
Jaka Sembung
Si buta dari gua hantu
Panji Tengkorak
Mandal dari Sungai Ular
Pada dasarnya sih emang gw hobi baca tapi awal mula gw baca ya komik2 ini. Gw beruntung banget karena dikaruniahi kemampuan membaca sejak dini, bahkan sebelum gw masuk SD. Perlu dicatet, gw ga TK. Bukan karena ga mampu *wlopun emang pada saat itu ortu gw juga berat sih untuk biayanya* tapi lebih disebabkan oleh gw ditolak ama TK karena ke sok tauan gw. Jadi ceritanya pada saat jaman gw, di desa Way Petai, Lampung, saat gw mo masuk TK syaratnya anaknya ditest dengan tangan dilingkarkan kekepala dan dilihat apakah da nyampe telinga ga. Nah, saking gw pengen dipuji ama nyokap yang nganter gw waktu itu *gw jarang dipuji bro, bandel, hehe* saat test itu, gw dengan licik agak membelakangkan lingkar tangan di kepala hingga otomatis tangan gw nyampe megang telinga. Dan dengan bangganya gw bilang ke nyokap,
Gw : hebatkan ma, nyampe.. hehe..*hidung kembang kempis mengharap dipuji*
Nyokap : iya hebat.. *agak meringis* gimana bu,diterima ga di TK-nya?
Kepala Sekolah TK : Ehm.. maaf bu, mungkin sebaiknya diarahkan ke SD aja *ngelirik gw sebel*
Gw : -___-*

Nah, karena gw ga TK dan SD pun masih males nerima, jadilah gw ama nyokap dijejalin berbagai komik hidayah *komik islam tentang nabi dan kiamat biasanya* dan majalah kuncung bekas sambil diajarin baca pelan2 dan puncaknya adalah saat gw dapet *catet, dapet bukan dibeliin* komik superman gara2 gw disuruh beli sabun lifebuoy ama nyokap dan i got a free comic, yeeeyyy.. *sorak2* karena ini tentang superhero, gw terobsesi untuk bisa baca n tau apa yang ditulis disana agar tau apa yang sedang dilakuin ama om superman di komik itu, n u know what? with the power of want to know, I CAN READ!! Damn i'm good. and the first comic that i read n understand is 
Perang Memperebutkan Nama Superman
Gimana ga penasaran coba? Superman digebukin ama pegulat.. KERENNN!! wlopun ceritanya klo sekarang sih kayak "lame" banget, hehehe.. tapi untuk bocah yang mau berusia 6 taun, ini mah keren abis. Sayang dari 6 seri kumplitnya gw cuma baca 3 biji, secara buat apa coba bocah kecil banyak2 beli sabun, hehe..
6 Edisi Kumplitnya
Yang kebaca selain Perang memperebutkan nama superman adalah :
Amukan si merah, adegan yang gw inget banget saat mereka kejer2an, keren
Superman dan Ambush Bug, Superman ketuker jiwanya ama ambush bug, ada petaninya yg bingung liat om superman lari kekencengan lho, hehehe..
Dari komik inilah awal mula kesukaan gw hingga jadi kutu buku, dari komik, novel, majalah, koran,dll. yang sayangnya buku pelajaran ga include, wkwkwkkk..

Dari buku2 inilah gw belajar banyak hal, tentang klo kita ngadu ayam, ntar kita diadu ama ayam dineraka,klo kita minum minuman haram ntar mulut kita digerujuk pake air raksa panas dineraka dari komik hidayah, atau ga ada yang paling kuat di dunia, even heroes have their own weakness, dari komik2 hero, bahwa pahlawan atau orang baik tu selalu dapet cewek cantik, #eh hehehe.. bahkan tentang ilmu fisika, teori keseimbangan, jadi klo lu ngerasa da paling jago dan baik hati maka akan ada opposite lu..

Saat gw jadi ayah dari 2 makhluk paling jenius dan ganteng sekarang ini, gw pun terkenang akan ilmu nyokap dulu. itu makanya gw sering beli komik heroes yang berwarna warni, ya selain untuk gw tentunya, gw pengen agar keingin tauan si bwan n bumee juga tergugah. karen gw sadar ternyata warna dan penokohan tersebut bener2 bisa membius bocah2 cilik untuk jadi ingin tau.. masalahnya sekarang adalah komik2 heroes sekarang ini banyak untuk konsumsi dewasa sehingga si bubun pun jadi sering ribut ama gw secara si bwan klo ngeliat komik melototinnya nenen si wonder women mulu, hehehe.. *tepok jidat*

Sayang karena kondisi Indonesia saat ini yang penduduknya males baca n lebih seneng maen fesbuk, akhirnya komik2 dan cergam pun menghilang, yang terakhir gw tau komik DC keluaran PMK, itupun musnah karena minimnya pembelian, hiks.. mo beli terbitan luar? selain mahal, keknya si bwan n bumee belum mampu menerjemahkannya, hehehe..

Jadi saat gw ketemu tempat buat donlot komik terbaru *tahun 2000an gitu deh*, like :
 

i'm so freaking excited. Bukan gw ga ngehormatin yang bikin komik, tapi buat nyarinya juga susah dan mahal bro, hehe.. So thanks for whoever upload that comics to the web..

Sayang banget da gak bermunculan lagi superhero2 lokal, padahal dulu sempet punya harapan tinggi bakal booming lagi setelah terbitnya :
Caroq
Kapten Bandung
Saras 008
Blacan
Gunturgen
Zantoro
Semoga aja nantinya kedepan ada lagi terbit komik2 superhero lokal yang membawa pesan2 moral khas indonesia ataupun ketimuran, amminn..
 -end-

1 comment:

kei said...

bacaan yang bermutu dengan akses yang gampang (baca: murah) emang sulit didapat sekarang, sayangnya... tapi kalo jeli dan giat, masih ada kok, meskipun gak gitu banyak.

btw, untuk anak kecil supaya minat bacanya tinggi, kita harus mengurangi atau meminimalisir terpaan televisi dan komputer (khususnya internet). kalo gak percaya coba aja sendiri ama om Ndob :D sudah banyak juga penelitian yang membuktikan pengaruh televisi dan internet terhadap turunnya gairan membaca.