Monday, February 27, 2012

MANDAH edisi MUDIK

Dalam 2 bulan berturut-turut Januari n Februari, gw ditugaskan ke Sumatera, tepatnya area Prabumulih, which is mean..
MUDDIIIIIKKKKK Time!!! wooooohoooo... *joget goyang gayung*
which is mean juga..
MAAAAKKKAAAAANNNN!!! wooooohoooooo... *joget goyang perut n lanjut jadi mules*

*beberapa menit kemudian setelah dari wc*

Yup, klo gw ngomongin Sumatera Selatan kampung gw pasti banyak orang akan bicara masalah wisata kuliner,  wlopun banyak wisata2 lainnya kayak kebon teh pagaralam, air terjun bedegong, muaraenim, or wisata sungai musi ampe ke pulau kemaro tapi mo gak mo tetep kulinernya yang dikedepankan..
Dari Pempek yang telah mendunia, hehehe.., kemplang or kerupuknya, tekwan, lakso, model, burgo, martabak har, bla.. bla.. bla.. *air liur pun menetes tak tertahankan*
Yup.. Sumatera Selatan adalah gudangnya makanan..

Tapi dari semua makanan khas Sumsel tersebut, buat gw pribadi ada 2 tempat wajib kunjung klo gw mudik or cuma numpang lewat prabumulih..
dan itu adalah... jreng.. jrengg.. jjrreeeenggg..
PINDANG IKAN dan MARTABAK *tepok tangan*

untuk pindang sebenernye banyak banget pilihan tempat. mo yang gaya cozy resto or warung pinggir jalan komplit dipalembang. tapi gw lebih suka yang middle class.. karena disini dengan biaya murah kita bisa makan kenyang n tetep ga kehilangan selera. tempatnya adalah di jalan palembang - indralaya, klo dari palembang setelah rumah makan sumedang sebelum pom bensin disebelah kiri jalan. nama warungnya gw lupa antara Berkah or Berkat or Rahmat gitu deh..

Ada 3 macam pindang ikan disini n kan gw list berdasarkan enak versi gw..
1. Pindang baung
2. Pindang Patin
3. Pindang toman
Nah untuk kali ini gw kebetulan kebagian pindang toman.

O iya, agar makan pindang ini lebih mantab, maka harus pake pasangan makan yang tepat which is :
Nasi putih anget,
Pindang ikannya sendiri,
Sambel bacang/mangga/kuweni + lalepan,
Dan yang terakhir yang harus ada, sebagai peng-Crispy-nya
Seluang Goreng

dan setelah semua Ingridient itu dicampur dan masuk ke mulut....
THE WORLD IS BELONG TO US!!! WHAHAHAHAHA.. *ketawa sadis*

Now, MARTABAK..
di palembang sendiri sih yang terkenal adalah Martabak HAR-nya, bahkan sejak tahun 1950-an dan martabak HAR itu sendiri gak boleh ditulis "Har" ya.. HAR itu singkatan dari Haji Abdul Rozak, orang pertama yang mempelopori Martabak jenis ini di palembang.
Tapi gw ga terlalu suka karena terlalu berkari n terasa lembut dilidah..
nah, di Prabumulih ada lagi jenis martabak kayak gini dengan bahan2 yang sedikit berbeda tapi justru gw suka. Pertama karena teksturnya yang sedikit crispy saat dimakan, dan karinya sendiri juga ga terlalu banyak kentang malah rasa dagingnya lebih nendang..

see the different? gw ga tau apakah ini termasuk martabak india, mesir or salah satu jenis HAR juga.. jadi klo gw nyuruh temen beli, gw bilang aja pesen Martabak Prabumulih, huehehehehe..
dan spesial martabak ini gw lebih suka makan ditempat karena rasa dari karinya bila dicampur dengan acar kecap + timun+ ribuan potongan cabe rawit yang dimangkuk putih sendok orange belakang itu, akan terasa amat nendang dilidah.. *air liur pun membanjiri bibir* sementara bila beli bawa pulang lu akan dikasih acar seuprit, gak nendang chuy..

Anehnya nih martabak, walopun udah ada beberapa yang mencoba mengkopi cara buatnya tetep yang asyik dilidah gw cuma di warung ini, n adanya cuma satu di pasar Prabumulih.
Tokonya kecil dan nyelip, hehehe..
Btw, ini bukan iklan ya, sekedar sharing tempat makan enak klo lagi ga sengaja kesasar di area Prabumulih, hehehe..

Satu lagi yang gw suka klo lagi tugas Pulkam gini adalah kebahagian ketemu temen2 lama. Gak semua sih tapi saat lu ngeliat kesibukan sahabat lu nyari rejeki seperti ini..
Yano in action
Atau saat curhat rame2 di Markasnya Mario sampe fajar menjelang bareng Aan, n double Hendri, Lu akan sadar bahwa lu yang sekarang ga akan jadi lu yang sekarang klo ga ada campur tangan mereka, terlepas dari pengaruh baik or buruknya.. tapi buat gw merekalah yang membantu membentuk gw..
So thanks Dude.. let's keep our friendship till the last day come..

-End-

1 comment:

lazuardi said...

hhaahahhaaha prabomoleh niann kakkkk